Kalimat Pembuka



Pada dasarnya sebuah pidato ataupun berbicara di depan umum mempunyai beberapa bagian pokok yg mesti ada, yaitu Kalimat Pembuka, Uraian/isi dan Kalimat Penutup.


Kalimat pembuka bisa berupa doa, tema diskusi yang akan di bahas ataupun sekedar basa basi belaka, tergantung pada situasi yg dihadapi.

Contoh kalimat pembuka :
(disampaikan oleh moderator, penceramah, dll)

Basmalah (sir / pelan) : Bismillahirrohmaanirrohiim.

Salam : Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Do'a :

Alhamdulillahi robbil 'alamin. Wabihinasta'inu 'ala umuriddun ya waddin, washolatu wassalamu 'ala asrofil mursalin, wa 'ala alihi washohbihi ajma'in. 'amma ba'du.

atau

Robisyrohli shodri wa yasirli amri wahlul 'uqdatammillisaani yafqohu qouli.

atau

Innal hamda liLLAH, nahmaduHU wa nasta’inuHU wanastaghfiruHU, Wa na’udzubiLLAHi min syururi anfusina wamin sayyi’ati a’malina, man yahdihiLLAH fala mudhillalah, wa man yudhlil hu fala hadiyalah, ALLAHumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ‘alihi wa azwajihi wa dzurriyatih kama shallayta ‘ala ‘ali Ibrahim innaka hamidun majid.


Alhamdulillaahi nasta'iinuhu wa nastaghfiruhu, wa na'uudzubillaahi min syuruuri anfusina, wa min sayiaati a'maalina, man yahdillaahu falaa mudlillalah, wa man yudl lil falaa haa diyalah, asyhadu anlaa ilaaha illallahu wah dahulaa syariikalahu, wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rosuuluhu laa nabiyya ba'dahu. Allahummasholli wa sallim wa baarik'alaa muhammadin wa 'alaa aalihi wa ash haabihi ajma'iin, ammaa ba'du

(Segala puji milik Allah. Kami memohon pertolonganNya, dan mohon ampun kepada Nya. Kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diriku dan keburukan amalku. Barang siapa yang diberi petunjuk Allah maka tidak ada siapapun yang dapat menyesatkannya, dan barang siapa yang disesatkan Allah maka tidak ada siapapun yang dapat menunjukinya. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, aku mengesakanNya dan tidak mempersekutukanNya.Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hambaNya dan rosulNya, tidak ada nabi setelah Dia. Ya Allah, berikan sholawat, salam dan kebaikan atas nabi Muhammad, keluarganya dan sahabatnya.)





Penyampaian Tema :

Rekan-rekan sekalian yang dirahmati Allah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengaruh Islam terhadap kebudayaan Indonesia yang diawali dari masuknya agama Islam di wilayah Indonesia pada abad XIV. Dalam sejarah Indonesia...

atau

Dalam Alquran Surat ... Ayat ... yang berbunyi "..." mewajibkan kita sebagai umat islam untuk menjalankan perintah ...

atau

Selamat malam rekan-rekan sekalian? (untuk memancing / mengawali sebuah interaksi)
Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai eksistensi organisasi kita yaitu ... dalam kegiatan masyarakat. Diharapkan bagi rekan-rekan untuk lebih aktif dalam memberikan masukannya pada forum ini. Sebelumnya akan saya sampaikan beberapa permasalahan yang terjadi di ...

dll.

7 comments: