Ustadz Jadi Bintang Iklan

(bahan diskusi)

Assalamu'alaikum wr. wb.

Akhir-akhir ini sering kita lihat di TV-TV ada orang yang dicap sebagai Ustadz, yang menjadi bintang iklan atas sebuah produk.

Bintang Iklan?

Siapa yang bisa melarang orang menjadi bint*ng. Itu kan hak setiap orang.

Ustadz identik dengan banyak hal a.l. netralitas, kearifan, kejujuran, keikhlasan, dll.

Ada apa dengan iklan.

Iklan identik dengan kebohongan, profit, propaganda dll.

Bagaimana dengan Ustadz yang menjadi BINT*NG IKLAN???


Apakah yang dia katakan dalam iklan itu adalah sebuah kebenaran??? atau cuma kata-kata manis untuk membohongi pemirsanya dan jamaahnya???
Apakah dia tidak memihak pada produk yang diiklankannya, seseorang yang telah membayarnya untuk berkata-kata manis. P*R*H!!!

Mungkin mereka berdalih ,"Ah saya kan nggak secara langsung mengajak orang, pemirsa, jamaah saya untuk menggunakan produknya".

Penulis, "Terus , apakah sebodoh itu orang yang menganggap dia sebagai USTADZ, sehingga tidak menyadari apa yang telah dilakukan oleh si USTADZ".

Mungkin secara hukum tidak ada masalah yang dilanggar, tetapi secara ETIKA (kalo tau etika siih) yoo menurut penulis tidak pas aja.

Apakah memang tidak ada pekerjaan lain yang lebih relevan dengan title USTADZ yang disandangnya??

Kiranya bisa dibedakan antara seorang artis / bintang iklan yang menyampaikan tausiyah dalam sebuah pengajian, dengan seorang Ustadz yang menyampaikan kata-kata (entah kebenaran atau bukan) dalam sebuah iklan. Mana yang lebih bisa didengar dan dipercaya kata-katanya??? Jawabannya diserahkan anggota Forum Diskusi.

Mungkin itu juga cuma pemikiran penulis saja??? Namun setelah saya tanya GOOGLE banyak juga yang satu pemikiran dengan penulis, tapi juga banyak yang mencela pemikiran seperti yang penulis sampaikan. Hanya saja kadang beberapa orang menaruh pada FORUM yang tidak tepat sehingga pemikiran seperti ini kadang justru menjadi cemoohan orang-orang yang tidak sefaham.


Bukankah Kita juga butuh orang yang kritis agar orang tidak LATAH dengan keadaan.

Hanya lewat blog ini penulis bisa menyampaikan keprihatinannya.

Bagaimana dengan Anda??

Wassalamu'alaikum wr.wb.

link yang berkaitan :

Adzan Disisipi Iklan dan Ustadz Melawak




n.b. : kecuali sponsor iklan baris yang ada di blog ini, hhhe...

1 comment:

  1. saya sangat prihatin......smoga saja mereka diampuni dosa-dosanya yang sengaja atau tidak telah mengajak para jamaah atau umatnya untuk berbuat tidak jujur (bohong) atas merk dagang yang diiklankannya.....

    ReplyDelete