TIPS SEDERHANA MENGATASI DEMAM PANGGUNG

Tidak semua orang mempunyai keberanian secara tiba-tiba tampil di muka umum. Kadang kita harus berlatih dan membiasakan diri tampil atau berbicara di muka orang banyak. Memang ada sebagian orang yang membawa sifat mental percaya diri yang cukup untuk tampil tanpa rasa grogi dan sebagainya.
Sekalipun hanya berbicara di depan teman-teman sendiri namun kalo tidak sering dilatih biasanya inti atau arah dari pembicaraan kadang sering tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya ingin di sampaikan.
Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu mengatasi masalah grogi atau demam panggung:

  • mengusai materi yang ingin disampaikan atau di tampilkan.
  • jika kita masih dalam tahap belajar, buatlah materi yang tidak terlalu mengundang emosi, baik emosi audience maupun diri sendiri. sebab emosi seseorang bisa membuat sesuatu yang ingin kita sampaikan hilang secara tiba-tiba dan arah atau inti pembicaran tidak sesuai dengan apa yang kita rencanakan. apalagi sebagai remaja biasanya lebih mudah terpancing emosinya dengan masalah-masalah sosial yang muncul serta kurang bisa mengontrol.
  • menguasai forum. dalam sebuah forum baik itu rapat, diskusi dll, jika kita ingin atau berencana untuk menyampaikan sesuatu hal baik itu pertanyaan, tanggapan, menyampaikan pendapat ataupun materi lainnya sebaiknya kita bisa menguasai forum terlebih dahulu sebagai pemanasan. misalnya; dari awal acara kita sudah duduk di bagian depan dan kalo bisa wajah kita langsung menghadap ke mimbar, tanpa terhalang oleh punggung orang lain. keuntungannya :

  1. kita sudah biasa dilihat orang lain karena posisi kita paling depan, sehingga ketika kita mendapat giliran tampil tidak canggung lagi, sembari menunggu giliran kita bisa mempersiapkan hal2 yg ingin di kemukakan.
  2. pandangan kita akan lebih sempit sehingga kita tidak merasa banyak orang berada dalam forum. coba anda bandingkan ketika duduk di paling belakang, kita terlalu banyak memandang orang, baik itu di depan maupun di samping kita.
  3. ...
  • ...dsb,
...bisa kasih tips selanjutnya?

    2 comments:

    1. Berbicara didepan umum memang memerlukan latihan yang cukup dan juga persiapan mental, yang tidak boleh dilupakan juga tentang epersiapan materi yang harus kita kuasdai diluar kepala agar kita nggak putus "penjelasan" ditengah jalan.

      ReplyDelete
    2. Betul Sekali berbicara di depan umum memerlukan teknik dan persipan mental dan penuasaaan materi yang ingin disampaikan, untuk itu garis garis besar materi dan tema yg akan disampaikan minimal dikuasai, karena ini kultum yg sumbernya berasal dari Al Qur'an dan Sunnah Rassulululloh SAW, makan dalil juga harus di phami dan dikuasai, selmat berdakwah

      ReplyDelete