Contoh Kultum

AMAR MA'RUF NAHI MUNKAR


Bismillahirrohmanirrohim.

Assalamu'alaikum wr. wb.

Alhamdulillaahi robbil 'alamin.

Wabihiinasta'iinu 'alaa umuriddun yaa waddiin, washolaatu wassalaamu 'alaa asrofil mursaliin, wa 'alaa alihi washohbihii ajma'iin. 'amma ba'du.

(atau : Innal hamda liLLAH, nahmaduHU wa nasta’inuHU wanastaghfiruHU, Wa na’udzubiLLAHi min syururi anfusina wamin sayyi’ati a’malina, man yahdihiLLAH fala mudhillalah, wa man yudhlil hu fala hadiyalah, ALLAHumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ‘alihi wa azwajihi wa dzurriyatih kama shallayta ‘ala ‘ali Ibrahim innaka hamidun majid.) Contoh Kalimat & Doa Pembuka Kultum

Sebelumnya marilah kita panjatkan segala puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita menjadi orang-orang yang bersyukur.

Sholawat serta salam kita tujukan kepada junjungan kita nabi MuhammadSAW, sebagai pembawa wahyu Ilahi, agar kita senantiasa berada pada jalan yang benar dan dijauhkan dari api neraka.

Rekan-rekan sekalian yang dirahmati Allah, Allah SWT telah berfirman,

وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَأُولٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
﴾۴۰۱﴿

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar, merekalah orang-orang yang beruntung” (QS : Ali Imran, 104)


Dari firman tersebut, Allah menyuruh agar kita senantiasa menjadi bagian dari golongan orang-orang yang menjalankan amar ma'ruf nahi mungkar.

Ma'ruf berarti segala perbuatan yang mendekatkan kita kepada Allah SWT, sedangkan mungkar berarti segala perbuatan yang menjauhkan kita dari pada-Nya.

Walaupun harus dengan pengorbanan, baik waktu maupun tenaga, namun dengan semangat lillahi ta'ala, insya Allah akan selalu terbuka jalan bagi kita.

Saya berharap kita bisa menjadikan forum diskusi remaja ini sebagai bentuk pengamalan dari ayat 104, Qur'an Surat Ali Imran tersebut. Sehingga dengan menyatukan kekuatan, menyatukan visi dan misi, akan lebih memudahkan jalan kita berdakwah. aamiin.

Kebenaran hanya datang dari Allah, sedangkan kesalahan semata-mata atas kekurangan dari diri saya pribadi.

(atau : Akhirul kalam, Teriring do'a Jazakumullah Khairan Katsiro, semoga Allah membalas segala kebaikan anda.)

Fastabiqul khairot,

Wabillahitaufiq wal hidayah,

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Link Terkait :



n.b. :

  • Kultum bersifat interaktif, sehingga kadang diperlukan gerak tubuh atau mimik wajah atau bahasa tubuh yang sesuai dengan tema yg disampaikan.
  • Berbeda dengan Kultum, sebuah tulisan artikel yang biasanya langsung to the point, namun dengan penjelasan yang lebih panjang karena bisa berpikir lebih lama ketika menulis.

Forum Diskusi Remaja Masjid Nurul Huda, 2009





4 comments:

  1. thanks sharingnya sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. masama, maksih jg atas kunjungannya,,
      jika berkenan bisa kirim artikel kultum,,

      Delete
  2. Jazakallahu ahsanu jaza
    Sekarang saya jadi lebih ada pencerahan, kalo boleh saya request yang berkaitan dengan membalas kejahatan dengan kebaikan.
    Sekali lagi terimakasih

    ReplyDelete
  3. makasih mau share ini!! aku dapet bantuan jadinya...

    ReplyDelete