CONTOH MC PERINGATAN MAULUD NABI

(cat : sebelum MC mngawali bicara bisa ditampilkan hiburan-hiburan ringan sambil menunggu kehadiran tamu-tamu yang lain)

(Bismillahirrohmanirrohim : sir / pelan)

Bapak-bapak, Ibu-ibu serta Hadirin sekalian yang diRahmati Allah Subhaanahu Wata'aala (SWT).
Assalamu'alaikum wr. wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan segala Puji dan Syukur ke Hadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan Rahmat serta Hidayahnya kepada kita, sehingga pada malam hari ini kita masih diberi keimanan, kesehatan serta kesempatan untuk mengikuti pengajian dalam rangka memperingati hari lahir Nabi Besar Muhammad Shollallahu 'Alaihi Wassalam (SAW).

Teriring Sholawat serta Salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, marilah kita selalu menjadikan suri tauladan Beliau sebagai panutan dalam kehidupan sehari-hari agar kita menjadi hamba Allah SWT yang senantiasa bertaqwa kepadaNYA.

Bapak, Ibu, Hadirin yang berbahagia, beberapa waktu sebelum Nabi Muhammad lahir, Kota Mekah dan sekitarnya adalah masih menjadi Kota Jahiliyah. Bukan kejahiliyahan terhadap kebodohan ilmu & teknologi namun dari akhlaq dan keimanan yang menjdikan rusaknya tatanan kehidupan pada waktu itu. Banyak kebiadaban yang di lakukan oleh umat manusia demi urusan keduniaan mereka. Sampai pada akhirnya diturunkan oleh Allah SWT seorang Rosul yang ditugaskan untuk memperbaiki tatanan kehidupan manusia dengan membawa beban yang cukup berat yaitu Wahyu Ilahi dan Sunah Rosulnya sendiri, selanjutnya kita kenal sebagai hari Maulud Nabi. Dan nanti Insya Allah akan diuraikan lebih jelas dalam Pengajian pada malam hari ini.



Sebagian dari umat Islam menjadikan hari lahir Nabi sebagai sebuah batu loncatan untuk meningkatkan kwalitas hidup Islami yang diawali dengan mengadakan pengajian-pengajian seperti halnya yang akan kita ikuti bersama. Sementara tema yang akan kita kupas adalah "BLA BLA BLA"

Bapak, Ibu, Hadirin sekalian, untuk mengefektifkan waktu, segera akan kita mulai acara pada malam hari ini dengan sebelumnya akan saya bacakan susuan acara sebagai berikut :

Acara yang pertama yaitu : PEMBUKAAN (...)*
Dilanjutkan dengan : GEMA WAHYU ILAHI yang akan dibacakan oleh Saudara ... dan Saudari ...(...)*
Acara yang ketiga adalah : PRAKATA PENGUNDANG yang akan disampaikan oleh Ketua Panitia yaitu Bapak ...(...)*
Sedikit hiburan dari  Adik-adik Santri TPA Nurul Huda akan mengisi acara keempat.(...)*
Selanjutnya, adalah SAMBUTAN oleh Bapak ... selaku Kepala Desa Giripeni.(...)*
Dan hiburan kedua akan diisi oleh Rekan-rekan Remaja Masjid Nurul Huda.(...)*
Acara yang ketujuh adalah URAIAN TEMA PERINGATAN MAULUD NABI DAN DOA BERSAMA yang akan disampaikan oleh Ustadz ... dari ...(...)*
Dan diakhiri Penutup.(...)*

Demikian ke-delapan acara yang akan kita lalui bersama.
Dan menginjak acara pertama yaitu PEMBUKAAN, dengan niat lillahi ta'aala beribadah kepada Allah SWT, marilah kita mulai acara ini dengan membaca BASMALAH bersama-sama; Bismillahirrohmanirrohim.(...)*


Gema Wahyu Ilahi akan dikumandangkan oleh saudara ... dan  yang akan membacakan Surat AlBaqarah ayat ... sampai dengan ayat ... Mohon kepada Hadirin sekalian untuk mendengarkan dengan khidmat.
Dan kepada Adik kita tercinta saudara ... dan ... kami persilakan! (...)*
........................................................
Demikian Pembacaan Ayat Suci Alquran, semoga bisa memberi pencerahan pada hati kita semua.
Memasuki acara yang ketiga yaitu Prakata Pengundang dari Ketua Panitia yang akan disampaikan oleh Bapak ..., kepada Bapak ... kami persilakan!(...)*
.........................................................
Hadirin sekalian, demikian Sepatah Kata dari Panitia yang telah disampaikan oleh Bapak ...
Selanjutnya Adik-adik Santri TPA Nurul Huda akan mempersembahkan sedikit hiburan kepada Hadirin sekalian. Kepada Saudari ... selaku Pembimbing Santri kami persilakan!(...)*
..........................................................
Gerak-gerik yang lucu dari Adik-adik Santri TPA menyambut lahirnya Sang Rosul telah membuat suasana gembira, semoga mereka menjadi generasi penerus yang berbakti bagi Bangsa, Negara dan Agama, aamiin.
Selanjutnya kita akan dengarkan Kata Sambutan dari Bapak Kepala Desa Giripeni yaitu Bapak ..., kepada Bapak ... kami persilakan!(...)*
.........................................................
Terima Kasih kepada Bapak ... yang telah menyampaikan Dukungannya pada acara malam hari ini, semoga dapat berjalan lancar dan tidak terjadi hal-hal yang tidak kita kehendaki.
sebelum acara kita lanjutkan, dimohon bagi rekan-rekan remaja untuk menyajikan hidangan yang telah disiapkan, sebelumnya diucapkan terima kasih.
Sambil menikmati hidangan yang telah kami sajikan, Selingan kedua akan dihadirkan berupa Nada dan Puisi oleh Rekan-rekan Remaja Masjid Nurul Huda.
Kepada Pimpinan Grup Saudara ... kami persilakan!(...)*
..........................................................
Demikian penampilan dari Grup Kreatif yang dimiliki oleh Remaja Masjid Nurul Huda, mohon dukungan dari jamaah untuk mengembangkan Grup ini selanjutnya.
Bapak, Ibu, Hadirin yang dirahmati Allah SWT, Acara selanjutnya yaitu URAIAN TEMA PERINGATAN MAULUD NABI DAN DOA BERSAMA yang akan disampaikan oleh Ustadz ..., kepada Ustadz ... kami persilakan!(...)*
...........................................................
Demikian Hikmah yang dapat kita ambil dari peringatan Maulud Nabi Muhammd SAW, dengan jelas dan detail telah dijabarkan oleh Ustadz ... semoga kita mampu mengamalkan dan menyampaikan kepada saudara-saudara kita yang lain dan sesama umat Islam dimanapun berada, dan kepada Ustadz ... kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Bapak, Ibu, Hadirin yang dirahmati Allah SWT, acara demi acara telah kita lalui tanpa halangan yang berarti, sampai pada acara yang terakhir yaitu Penutup, marilah kita tutup pada malam hari ini dengan membaca Hamdalah bersama-sama; Alhamdulillahirobbil'alamin.
Atas perhatian dari Hadirin sekalian dalam mengikuti rangkaian acara, sekali lagi kami haturkan terima kasih yang sebesar-besarnya
Dari kami selaku pembawa acara banyak kekhilafan kami berdua mohon maaf,
Wabillahitaufiq Walhidayah,
Wassalamu'alaikum wr.wb.

(...)* centang yang sudah di baca.
inspirator : Buku CONTOH PRAKTIS MC ditulis oleh Drs. SULCHAN YASIN, PERPUSDA KULON PROGO

link terkait :
CONTOH MC SEDERHANA
CONTOH MC RAPAT PHBI
CONTOH KALIMAT / DOA PEMBUKA



No comments:

Post a Comment